Sunday, August 4, 2013

GROWLING LIKE EXO! 으르렁(GROWL) MV REVIEW

Don’t expect anything great from SM’s music videos. Itu pesan gue. Mau orang lain bilang SM pake teknologi apalah tercanggih gitu, jangan langsung percaya. Nanti nyesel haha.

Kejadiannya sama kaya MV Growl ini lah. Udah banyak tuh yang punya high expectation sama MV nya gara-gara ada yang bilang MV ini bakal one-take, no NGs, sampe teknologi 3D atau apapun namanya. Oke gue sendiri juga termakan omongan manis itu. Timeline rame ngebahas  bakal kaya apa MV nya, bakal sekeren apa, semewah apa. Keadaan makin tak terkendali waktu ada screencap 4 private videos di youku-nya EXO. Nah loh apa aja tuh 4? Gue sih berharap ada drama version part 2 disitu haha.Eh taunya....

Mungkin karena udah gak tahan dengan kehebohan massa, akhirnya jari admin @SMTOWNGLOBAL pun gatel dan ngetweet bilang kalo MV Growl akan dirilis tepat tengah malam 12KST. Massa pun semakin heboh, heboh menunggu.

Dan siang itu, gue udah denger lagu growl secara full. Ini berawal dari chat temen gue di line yang nanya, “eh udah pada nonton video yang leaked itu belom?”. Gue terpancing. Eh gue malah ga tau loh dance practice nya udah bocor, udah diapus malah di youtube. Yaudah gue sok-sok tabah, sok-sok respect deh sama exo, gue bales “nanti aja lah nunggu MV nya.”. Tapi setelah itu gue tau kalo video leaked itu masih ada di dailymotion, dan.gue.download.saat.itu.juga. Ya gimana ya daripada lo kepikiran terus sampe 12 KST hahaha.

Abis itu gue heboh. LAGUNYA BAGUS BANGET  NJIRR. Suka banget pas part luhan nyanyi terus kyungsoo jadi backvocal atau apalah namanya, itu enak banget.

Lagu ini ditulis sama Hyuk Shin, DK, Jordan Kyle, John Major and Sarah Gibson. Nama-nama itu emang udah gak asing lagi di lagu-lagu hitsnya SM. Sebenernya cerita di lagu ini agak mirip-mirip Wolf sih. Atau mungkin malah lanjutan dari Wolf(?). Kalo yang gue baca dari translate-an nya sih jadi ceritanya si serigala ini suka gitu sama cewek, dan dia bener-bener ga mau kehilangan ceweknya itu. Dia bakal ngelakuin apa aja buat ngelindungin si cewek itu. Sampai-sampai ada serigala lain yang datang mau merebut dan dia rela ribut tawuran atau apalah buat tetep sama si cewek, dan akhirnya yang kuat lah yang menang. Kalo gue salah tolong dimaafin, maklum inggris gue pas-pasan. Kalo mau interpretasi sendiri makna liriknya, silahkan klik disini buat Korean Ver, dan disini buat Chinese Ver.

Nah gue rasa malam itu ribuan orang udah standby nunggu MV ini rilis. Gue juga. Pulang teraweh langsung tadarus dan cuss jam setengah 10 nyalain laptop, buka twitter. Berasa malem tahun baru tau gak sih, orang pada rame countdown ke 12KST, gue bolak-balik buka youtube-nya SM, karena bosen gak muncul-muncul, yaudah gue nontonin MV f(x)-_-

Tepat pukul 12PM KST atau jam 10 malam WIB, video yang sudah dinantikan jutaan manusia dirilis. Gue yang udah nyiapin peralatan mendownload langsung tancap gas, dan nunggu sampe downloadan selesai -___________-. Asal lo tau aja gue download MV yang HD sampe 20menit.

Dan..........................

bener dugaan gue. MV nya biasa aja. Oke ini one-take, beneran one-take, no edit, beneran no edit. Tapi ya jadi biasa aja-_- apa bedanya sama dance practice. Yaudah terima aja lah. Gue juga agak sedikit lagi pas tau bakal ada versi lain dari MV ini yang katanya pake 3D gitu. Siap-siap aja bakal ada kacamata 3D seharga ratusan ribu rupiah di SM Pop Up Store.

Karena beberapa bulan ini gue lagi ga ada kerjaan selain spazzing EXO, yaudah sekalian gue slow motion videonya dan nemu beberapa kejadian(?) yang mungkin aneh. Beberapa dari ini juga udah di share di twitter oleh orang lain, tapi ini gue nge screencap sendiri loh 
  • MV Growl ini bener-bener no edit loh (kayanya). Buktinya di dua versi MV ini gak ada iklan-nya haha, biasanya kan suka muncul banner-banner iklan gitu di MV SM, tapi ini gak ada haha akhirnya. Di MV Chinese ver kan biasanya juga suka ada lirik nya dalam kanji china, tapi ini juga ga ada. Gak tau kenapa. Ga percaya? Cek sendiri ;p
  • Mungkin bentar lagi bakal ada dasi official EXO, liat aja yang dipake Tao sama Chen.

  •  Gerakan megang-megang “anuan” mungkin terinspirasi dari sepakbola, kan biasanya kalo lagi freekick ada blokade pemain yang jagain sambil megang “anuan”, ya kan lagu ini ceritanya menjaga wanita yang dicintai, Jadi....
    ·      01:10 MV Korean, ada orang dibelakang yang entah itu siapa haha, mungkin staff atau crew. Dan di MV Chinese dia menghilang....


    ·      01:16 MV Korean, disaat yang lain kakinya sudah menepak sempurna di lantai, kenapa kris enggak? Mungkin karena kakinya kepanjangan, tapi ya entahlah.
    ·      Lo bingung gak sih? Kenapa Suho beda sendiri? Apa karena dia leader?Atau karena dia paling tajir? Kenapa juga harus pake kalung bertuliskan GOLDEN?-_-


    ·      Gerakan di menit 01:25-01:26 mengingatkan gue sama permainan tradisional. Taplak gunung wkwkwk.

    ·      Disaat yang lain melakukan gerakan yang menurut gue paling ribet, Chanyeol dengan riang gembira nge-rap dan berdiri ditengah. Dan di Chinese ver, gerakan dia di part ini agak sedikit aneh



    ·     TOPI KAI JATOH DOONG, Ini jelas banget, cek aja korean ver menit 02.15-02.17. Mungkin ini juga yang bikin dia di Chinese ver ngelepas topinya gitu.


    ·      Coba liat MV Chinese Ver menit 02.13 , yang lain udah mulai angkat badan, tapi Chanyeol kaya pasrah gitu hahaha, sampe diliatin Kris (?)

    ·      Please banget Joonmoney gue tau lo paling kaya, tapi gak usah nginjek sepatu orang gitu lah, cek Chinese Ver 02.49

    ·       Kalo tadi ada dasi official, mungkin nanti juga bakal ada topi official Kiss and Hug.siap siap duit aja haha

    ·     Sebenernya EXO itu apa sih? Manusia? Alien? Serigala? Atau.................Monyet?
    ·      Agak lucu juga(dan kurang kerjaan) merhatiin aksesoris yang dipake member. Tao ini muka heavy metal tapi hati heavy rotation ye. Muka sangar gitu, bros nya bunga-___-. Terus sehun ngapain bawa peniti segede gitu? Mungkin takut ada yang celananya robek, atau buat pasang jilbab(?). Oke Suho juga ngapain bawa pulpen? Buat nulis cek kali kalo ada yang minta duit. Yaudah biarin.




    Overall MV ini tetep bagus walaupun sederhana, dance-nya juga keren banget asli. Lagunya
    juga beneran enak bangeeet. Mari kita tunggu(lagi) saja MV versi yang lain (Kalau ada).
    Mungkin sekian yang bisa gue bagi, kurang lebihnya mohon maaf(?)

    TAKE OUT WITH FULL CREDITS :D
    FEEL FREE TO COMMENT
    @bab0namja



7 comments:

  1. Kekekek XD
    Ngakak pas baca review MVnya chingu XD
    Waaah Suho ngeinjak sepatunya ._. #maklum JonMoney kan bisa dibeliin yg bru XD #
    Kasian chanyeol dan always smile + happy virus ~(‾▿‾~) (~‾▿‾)~
    Keren deh chingu ('_^b)

    ReplyDelete
  2. wahahanjir lucu emang. gila itu ternyata tulisan GOLDEN-nya suho gue kira emang ada di bajunya, ternyata kalung toh. baru tau gue hehehe

    pas gerakan rapp-nya chanyeol ataupun tao, sehun kan dance depan sendiri tuh. nah, pas bagian mau berdiri, sehun angkat kaki kanannya sendiri. padahal yang lain berdiri sambil pegang "anuan". ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang bilang kalung ada juga yang bilang nempel di baju, tapi gatau juga deh haha

      Delete
  3. wah wah wah, daebak chingu
    keren abees, lucu, kapan kira2 benda official baru itu keluar ya....hahaha
    sampe segitu telitinya
    hahahaha.......join my blog chingu^^
    lanjutkan(?) :D

    ReplyDelete
  4. ya biarpun one take masih di edit lah, klo nggk di edit gimana dong nempel logo SM di sudut kanan atas, ama logo exo di akhir MV :):):):):)

    ReplyDelete